Thursday, March 11, 2010

Blog di Blogger dan WordPress.com

Ini blog kedua dengan nama sama yang saya buat. Mengapa harus lebih dari satu? Apa yang bisa diisikan ke kedua blog itu? Apa satu saja tidak cukup untuk menampung tumpahan pikiran? Honestly, bukan itu yang terutama mendorong untuk membuat lagi blog yang lain. Fitur-fitur yang ditawarkan di kedua platform (Blogger dan Wordpress) yang lebih menarik. Keduanya, karena sama-sama blog, secara generik memang sama, tetapi soal fitur-fitur tambahannya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Yang paling jelas misalnya, WordPress tidak mengijinkan JavaScript. Ini terasa sangat membatasi. JavaScript jika tidak diijinkan membawa dampak langsung ke urusan monetizing. Iklan tidak bisa dipasang di WordPress. Soal template, WordPress (WordPress.com, not WordPress.org) juga sangat terbatas, template di WordPress hanya bisa dipilih dari yang sudah disediakan. Sebaliknya, Blogger membolehkan JavaScript. Ini suatu keleluasaan yang menyenangkan. Banyak hal bisa dikerjakan dengan JavaScript. Template pada Blogger juga lebih fleksibel. Tersedia banyak free template untuk Blogger yang bisa kita gunakan di blog kita. Mempercantik tampilan blog menjadi sangat lebih mudah di Blogger.

Blogger tidak menyediakan Categori. Jika pada WordPress kita bisa membuat penstrukturan isi menggunakan kategori (taksonomi), pada Blogger sama sekali hal ini tidak bisa dilakukan. Pengelompokkan cukup dilakukan dengan tag (folksonomi). Tetapi kedua metode pengelompokkan ini sama-sama valid. Page pada Blogger juga dibatasi jumlahnya, tidak seperti pada WordPress. Page, pada blog, harus dibedakan dengan entry (post), tidak seperti pada situs statis.

Hal-hal lain yang menyangkut SEO (Search Engine Optimatization) juga masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Entri pada WordPress kini sudah "dijamin" dengan fitur Pubsubhubbub (PusH). Jika sebelumnya menggunakan Ping-o-matic, WordPress melangkah lebih jauh dengan PusH. Dengan fitur ini setiap post yang kita buat, akan segera terindeks di Google sesaat setelah kita klikk "Publish" button.

Apalagi? Tentu sangat sulit membandingkan kedua platform ini karena terlalu banyak yang harus ditelusuri. Oleh karena itu satu-satunya cara adalah dengan membuat blog di kedua platform ini.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Blog di Blogger dan WordPress.com"

Post a Comment