Thursday, March 11, 2010

Mempromosikan Blog - Dofollow Nofollow Backlinks

Bagian paling menarik sekaligus menantang dalam urusan blogging adalah bagaimana mempromosikan blog yang kita buat agar bisa dikenali orang. Ya supaya ada komunikasi. Supaya apa yang kita tulis dan sampaikan di blog bisa sampai ke pembaca dan ada hubungan timbal balik. Ide, pemikiran atau apapun bisa lebih bermanfaat jika tersampaikan ke khalayak. Ide, pemikiran juga dengan cara seperti itu bisa teruji dan sudut pandang yang dikandungnya meluas.

Ada dua hal menyangkut bagaimana sebuah blog bisa terpromosikan: PageRank dan Traffic. PagaRank menentukan ada di urutan berapa blog kita tertulis di search results. Bagusnya di halaman satu dan di urutan satu bukan? supaya orang mudah menemukan apa yang kita tulis dalam blog.

Apa yang menentukan PageRank? Link! (Backlink). Yakni link yang berasal dari blog atau situs lain yang mengarah ke blog kita. Google memang menentukan seperti ini. PageRank ditentukan salah satunya oleh berapa banyak backlink yang mengarah ke situs kita. Backlink ini seperti pemilih (voter).



Bayangkan kita menjadi kandidat dalam sauatu pemilihan. Untuk mendapatkan posisi yang kita incar kita harus mendapatkan sebanyak mungkin pemilih. Kandidat dengan pemilih terbanyaklah yang mendapatkan kursi. Backlink bisa kita ibaratkan seperti ini. Untuk meraih posisi tertinggi di search result kita harus dapat sebanyak mungkin backlink.


Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink. Yang paling mudah adalah dengan menulis komentar di blog orang lain. Dengan cara ini kita bisa mendapat backlink. Langkah lain adalah dengan mendaftarkan blog kita di direktori blog. Cara ini juga memberi kita backlink. Backlink juga bisa didapat dengan sengaja mengajak pemilik blog lain bertukar link. Kita buat link yang mengarah ke blog mereka, lalu mereka juga melakukan hal sebaliknya. Natural backlink, cara lainnya, bisa didapat dengan membuat post menarik dan bermanfaat sehingga kemudian orang tertarik untuk membuat rujukan ke post tsb. Post yang bagus dan menarik membuat orang lain tertdorong untuk membicarakannya kembali dan menulis ulasan di blognya dengan memberi anchor teks yang merujuk ke blog kita.

Backlink yang kita dapat dengan beragam cara seperti di atas ternyata tidak sama nilainya. Backlink rupanya terkatagori menjadi dofollow dan nofollow. Dofollow backlink diperhitungkan oleh Google menjadi penentu PageRank sementara nofollow backlink tidak. Backlink yang didapat dengan cara memberi komentar di blog orang lain adalah nofollow backlink, kecuali jika blog dimana kita memberi komentar itu adalah dofollow blog. Blog setup awalnya adalah nofollow. Agar blog menjadi dofollow diperlukan setup tambahan. Backlink yang didapat dengan sengaja meminta pertukaran link, tentu saja dofollow dan ini berpengaruh pada kenaikan PageRank.

Jadi harus bagaimana? Haruskah sebanyak-banyaknya kita mengejar backlink? Ya! Dofollow maupun nofollow. Walau tidak berpengaruh pada kenaikan PageRank, nofollow backlink tetap diperlukan karena tetap diindex oleh Google, itu artinya, walaupun tidak mempengaruhi kenaikan PageRank, nofollow link tetap muncul di search result. Traffic bisa didapat dengan cara ini.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Mempromosikan Blog - Dofollow Nofollow Backlinks"

Post a Comment