Thursday, March 11, 2010

Rileks...Mengerjakan Blog Butuh Waktu

 


Ada tip menarik dari Barbara di BloggingWithoutABlog soal bagaimana sebaiknya kita menyikapi aktifitas blogging. Blogging katanya adalah hobby, sama seperti hobby lainnya. Barbara kemudian bicara soal quilting, membuat kain dari perca. Ini yang dikatakannya:



...when someone decides to make a quilt  they don’t race to get it done. No. They take time to find a pattern. Then they pick out the perfect fabric. They’ll carefully cut out each piece and painstakingly start making their blocks. When their blocks are done, they’ll arrange them “just so”, stitch them together, etc….. It may be years before the quilt is done.

ketika seseorang memutuskan membuat quilt (lihat gambar), mereka tidak terburu-buru menyelesaikannya. Tidak, mereka perlu waktu untuk mendapatkan pola, mencari bahan yang pas, memotong tiap bagian dan sedikit demi sedikit mulai membentuk potongan. Ketika potongan itu terbentuk, mereka kemudian menyusunnya "begitu saja", menyambungkannya satu sama lain dst... Bisa jadi perlu waktu bertahun-tahun agar quilt itu selesai.

Analogi yang bagus. Di awal memulai blog, ada dorongan untuk (tergesa-gesa) segera menerbitkan apapun dalam jumlah banyak. Padahal untuk apa isi blog kita buat banyak kalau tidak ada yang baca?

Soal ini memang bisa dirasakan banyak orang. Menemukan sesuatu yang baru apalagi menarik, selalu membuat kita ingin banyak-banyak mencoba.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Rileks...Mengerjakan Blog Butuh Waktu"

Post a Comment